Assalamualaikum Wr.Wb. yang Muslim

Salam sejahtera buat saudara saya yang non Muslim

Saya ucapkan selamat datang , dan terimakasih karena telah berkunjung ke web aluminium kaca ini . Sungguh merupakan kehormatan buat saya atas kehadiran bapak dan ibu di sini , karena dengan melihat halaman website ini kita bisa saling mengenal lebih jauh. Dan kata pepatah : “Tidak kenal maka tidak sayang” . Maka dengan adanya halaman about me ini, saya berharap bapak dan ibu akan merasa nyaman bila kemudian berinteraksi dengan saya.

Soal biografi, akan saya ceritakan singkat saja . Nama saya Bahrul Ulum terlahir di Jakarta tahun 1974 , di lingkungan religius yang keras membentuk pribadi saya agar menjadi Muslim yang Insya Allah selalu taat kepada Allah. Saya adalah anak kedua dari 14 ( empat belas) orang bersaudara ( Very BIG brothers 😀 ) .

Sejak kecil bercita-cita ingin mempunyai perusahaan sendiri.( Alhamdulillah sudah tercapai , meski baru berkembang ). Melewati masa kecil dengan kondisi ekonomi yang sulit ( Saya bisa katakan suit, karena sering untuk membeli beras orang tua harus ngutang atau menjual berang rumah ) , sehingga saya ikut membantu orang tua untuk berjualan koran,jualan buku,jualan permen, mainan anak2 dan lain-lain. ( Kebiasaan menjual ini, Alhamdulillah rupanya yang menjadi bekal saya dalam memberanikan diri untuk membuka usaha sendiri )

Mengawali usaha aluminium, saya mulanya bekerja sebagai kenek aluminium, lalu tukang aluminium, dan mador aluminium ( semuanya aluminium 😀 ) yakni di-tahun 1995. Saat itu sumber informasi masih sulit didapat. Hanya segelintir orang saja yang menguasai bidang aluminium kaca ini. Tapi saya tidak menyerah, saya berusaha untuk sabar, dan tekun mempelajari semua hal yang dibutuhkan.

Sampai pada akhirnya pada awal September 2001, Allah membuka kesempatan kepada saya untuk mengerjakan sebuah proyek aluminium kaca senilai 34 juta rupiah. Subhanallah , ini adalah proyek yang nilainya sangat besar buat saya, yang sebelumnya hanya bergaji harian saja ( Gaji saya waktu itu Rp 20 rb perhari ).

Mulai sejak itu, bagaikan naik kilat saya Alhamdulillah bangkit dari ketidakberdayaan finansial menjadi Cukup ( naik satu tingkat mungkin ya 😀 ). Sejak itu bagaikan air mengalir, proyek-proyek aluminium kaca mulai saya dapatkan. Dari yang nilainya dibawah satu juta , sampai diatas satu milyar . sekali lagi Alhamdulillah. Hanya Allah yang bisa mengubah nasib seseorang, dan itu yang telah terjadi pada saya.

Di tahun 2011 ini , saya masih terus berbenah dengan sistem manajemen kerja yang terus terang masih perlu diperbaiki. Masalah yang banyak timbul adalah masalah tenaga kerja yang minim dan modal yang cekak. Soal tenaga kerja, ini memang sangat sulit didapatkan. Ini karena tidak adanya sekolah khusus atau kursus tentang aluminium dan kaca . Kalau kursus montir, menjahit,driver, masak kan ada, tapi coba cari kursus aluminium kaca? Saya rasa di Indonesia belum ada ya..? . Nah akhirnya saya harus mendidik sendiri calon tenaga ahli aluminium kaca ini ( Untungnya saya berangkat dari awal di bidang ini, sehingga saya mampu mendidik anak buah saya sendiri.) Namun mendidik tenaga ahli di aluminium kaca ini tidak lah mudah, butuh waktu sekitar 3 – 4 tahun untuk menjadi benar-benar ahli.

Soal modal ini saya rasa telah menjadi kendala umum buat pengusaha-pengusaha kecil. Modal saya masih bersumber dari kocek saya sendiri , dan untungnya saya mendapat dukungan dari distributor aluminium dan distributor kaca yang dengan rasa saling percaya pernah memberikan saya Kredit lebih dari 200 juta tanpa jaminan sama sekali ( Bandingkan dengan jika kita kredit ke bank yang harus ada jaminan ini dan itu, dan juga prosesnya luamaaa bangetttt 😀 ) . O ya soal kredit ke bank, saya pernah sih ke bank DKI, yang lumayan ramah dan cepat prosesnya. Tapi Oleh guru ngaji saya, saya dilarang pinjam uang ke bank. Maka akhirnya saya kembali kepada sistem permodalan awal.

Oleh sebab inilah, dalam sistem pembayaran, saya menerapkan sistem termin sebagai berikut :
Cara Pembayaran
– D.P. 30 % Saat Kontrak Disetujui
– Tagihan 30 % Saat Pekerjaan Aluminium Dilaksanakan
– Tagihan 30 % Saat Pekerjaan Kaca dimulai
– Tagihan 10 % Saat Pekerjaan Selesai
Sistem ini saya adopsi dan modifikasi dari beberapa sumber perusahaan-perusahaan besar yang pernah saya lihat sistem cara pembayarannya.

Banyak konsumen yang tidak setuju dengan sistem cara pembayaran saya ini , tapi Alhamdulillah masih lebih banyak yang setuju. Sehingga usaha aluminium saya ini lebih terbantu.

Nah.. saya rasa perkenalan saya sudah terlalu panjang, mohon maaf jika telah menyita banyak waktu bapak dan ibu. Lebih kurang nya saya mohon maaf sebesar-besarnya. Akhir kata saya ingin menyampaikan sebuah kalimat dari seorang agung :
” Jangan melihat SIAPA yang mengatakannya. Tapi lihat dan perhatikan APA yang dikatakannya.”.
Dan semoga tulisan saya ini ada manfaatnya.

Salam
Bahrul Ulum

18 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.