Pintu Kaca Untuk Tampilan Bangunan Yang Mewah

Pintu kaca adalah sebuah pintu yang terbuat dari sebagian besar bahan kaca. Jadi jika anda mendengar ada orang mengatakan pintu kaca, maka bisa dipastikan itu adalah pintu dari kaca.

Kadang pintu kaca ini banyak di embeli dengan misalnya : Pintu kaca aluminium , atau pintu kaca frameless, pintu kaca pacth fiting , Pintu kaca tebal, Pintu kaca tempered, Pintu kaca shower, Pintu Kaca kamar mandi , dan lain-lain.

Semua itu menandakan masing-masing perbedaan berdasarkan bentuk dan bahan pendukung nya.

  • Untuk pintu kaca aluminium, berarti ada rangka aluminium yang mengelilingi kaca.
  • Pintu kaca frameless, berarti pintu itu benar-benar tanpa rangka.
  • Pintu kaca semi frameless, berarti pintu itu ada sedikit rangka, yaitu dibawah dan diatas sebagai pemegang kaca, sering juga disebut dengan pintu kaca shoe.
  • Pintu kaca pacth fiting :Berarti itu daun pintu kaca dengan engsel dari pacth fitting . Lebih lengkap bisa lihat disini (tentang Pintu Kaca PatchFitting).
  • Pintu kaca tebal, itu berarti daun pintu kaca dengan kaca minimal tebal 10 mm atau 12 mm.
  • Pintu kaca Shower, artinya itu daun pintu untuk ruangan shower.
  • Pintu kaca kamar mandi, berarti untuk pintu di kamar mandi.
  • Pintu Kaca Geser, artinya pintu ini dibuka dengan cara menggeser ke kanan atau kekiri.
  • Pintu kaca Lipat : Pintu kaca yang dibuka secara melipat-lipat, sering juga disebut dengan pintu kaca folding atau folding glass door.
Pintu Kaca Semi Frameless

Pintu Kaca Semi Frameless

Namun secara umum, jika orang menyebut Pintu kaca saja, maka itu dapat di konotasi kan sebagai pintu kaca tebal yang frameless (tanpa rangka) dan biasanya jenis kaca nya Tempered.

Pintu Kaca Patch Fitting

Pintu Kaca Patch Fitting

Ketebalan Kaca yang direkomendasikan

Karena saya sudah menyebut kan diatas bahwa pintu kaca yang dimaksud disini adalah pintu kaca tebal frameless, maka ketebalan yang direkomendasikan oleh para ahli adalah sbb :

Untuk pintu kaca shower, yang sistem engsel nya disamping, maka ketebalan minimal adalah 10 mm, dengan jenis kaca TEMPERED.

Pintu kaca Shower

Pintu kaca Shower

Untuk Pintu kaca Pacth fiting : Ketebalan kaca yang direkomendasikan adalah 12 mm, dengan jenis kaca TEMPERED.

Pintu Kaca Frameless Geser

Pintu Kaca Geser Frameless

Aksesoris Pintu Kaca Yang saya rekomendasi

Kami bukan sok ahli, tapi ini hanya berdasarkan pengalaman kami dalam membuat dan meng Install pintu kaca untuk proyek-proyek kami.
Bahwa sekarang ini sudah banyak sekali produk-produk aksesoris pintu kaca yang diproduksi dengan kualitas yang baik dengan harga yang murah.

Jika anda adalah kontraktor atau konsultan atau pun owner dari gedung yang akan dibangun, maka saya bisa memberikan rekomendasi untuk aksesoris yang berkualitas baik dengan harga murah.

Bukan saya bermaksud untuk tidak menganjurkan menggunakan produk yang bagus dan ternama, tapi menurut saya, produk ternama itu tentunya berharga mahal . Jika cuma satu atau dua daun pintu kaca yang akan dipasang, tentu harga tidak terasa. Tapi jika sudah lebih dari sepuluh buah daun pintu yang akan dipasang, maka barulah akan terasa bahwa keperluan anggaran akan semakin membengkak, jika dibandingkan dengan penggunaan aksesoris yang bukan merek ternama.

Alasan lain adalah, bahwa aksesoris ternama itu sangat rentan untuk dibuat imitasi nya. Meski saya tidak dapat membuktikan secara nyata, tapi saya merasakan bahwa jika ada tender proyek pintu kaca yang jumlahnya besar, dan menggunakan aksesoris ternama, maka bisa dipastikan saya selalu kalah tender. Kalau anda tanya kenapa ? Silahkan anda jawab sendiri, karena sudah saya nyatakan dalam tulisan diatas.

Kenapa Pintu Kaca harus Tempered?

Sekali lagi ini adalah khusus untuk pintu kaca frameless, jika anda meminta saya untuk memasang pintu kaca, makan saya akan membuatkan penawaran dengan pintu dari kaca jenis Tempered, meski anda tidak meminta secara spesifik. Kenapa ?

Ada dua alasan utama , yaitu :

1.    Pintu kaca frameless itu tidak ada bingkai sebagai pemegang nya, hanya dua buah engsel yang berfungsi sebagai klem. Dan engsel itu yang akan bekerja menopang dan sebagai poros  kaca ketika dibuka dan ditutup. Karena itulah kaca harus di per keras, dan kaca yang diperkeras ini yang disebut dengan istilah kaca TEMPERED. Jika kaca sudah di proses tempered, kaca akan menjadi lebih keras dan lebih elastis sekitar 50% dari kaca biasa.
2.    Alasan kedua, jika suatu ketika terjadi pecah, maka kaca tempered akan membuat proses memecahkan sendiri unsur-unsur kaca menjadi serpihan kecil, yang akan mengurangi resiko bahaya luka jika terkena manusia.

Dimana Pintu Kaca Dipasang ?

Sebuah pertanyaan yang subjektif. Karena sebenarnya dimanapun bisa dipasang asal anda memang suka dan cukup budget nya.

Secara desain, para ahli desain menciptakan desain pintu kaca untuk keperluan tampilan yang lebih elegan. Dan pintu kaca memang lebih diperuntukkan sebagai tampilan depan sebuah gedung. Misalnya Pintu depan untuk Bank, untuk Mall atau Plasa.

Tapi akhir-akhir ini, karena mungkin tampilan yang terkesan mewah itu, maka banyak konsumen yang memasang pintu kaca untuk pintu utama rumah. Atau juga untuk pintu akses ke taman, untuk pintu ke arah kolam renang, dan untuk pintu kamar mandi.

Nah jika anda tertarik untuk memasang PINTU KACA di bangunan anda , silahkan hubungi kami di : 08129263706 / 021 70114044 ( sms jika saya sdg suit dihubungi yah..). atau bisa langsung kirim gambar ke email saya di : aumkaca@gmail.com, atau lewat fax ke : 021-82432485.

Semoga tulisan tentang pintu kaca ini dapat membantu anda dalam menentukan jenis pintu untuk bangunan anda.

Salam
Bahrul Ulum


8 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.